Dhani Rahadi ngeblog..!!

Just for fun and share…!!

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia merupakan sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup. Dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Hal ini menjadikan manusia sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak bisa hidup sendiri / membutuhkan orang lain. Tanpa kehadiran orang lain, manusia tidak akan memiliki makna yang berarti. Kehidupan sosial manusia yang senantiasa diwarnai oleh kasih sayang menjadikan hidup setiap manusia menjadi lebih berarti.

Menurut kamus umum Bahasa Indonesa karya W.J.S. Poerwadarminta cinta adalah rasa suka atau rasa sayang terhadap orang lain. Sedangkan sayang diartikan sebagai perasaan sayang atau cinta kepada seseorang yang disertai dengan belas kasihan. Maka Cinta Kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai dengan belas kasihan. Cinta kasih memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebab apabila manusia tidak hidup dalam kasih maka tidak akan terwujud kehidupan yang aman dan nyaman. Hal ini merupakan syarat penting dalam upaya mewujudkan masyarakat yang rukun.

Menurut para ahli, ada beberapa jenis cinta yang ada dalam hidup manusia, antara lain :

  1. Cinta terhadap keluarga
  2. Cinta terhadap lawan jenis (kasih eros)
  3. Cinta terhadap teman / sahabat (kasih philia)
  4. Cinta terhadap sesama manusia (kasih agape)
  5. Cinta terhadap diri sendiri (narsisme)

Dari sekian banyak jenis cinta / kasih sayang yang ada, cinta terhadap lawan jenis lah yang sering disalahgunakan oleh begitu banyak orang muda. Oleh karena begitu besarnya cintanya terhadap lawan jenis maka sampai mereka tidak dapat membedakan antara cinta yang tulus dengan hawa nafsu. Ini menjadi  sangat berbahaya sebab apabila orang-orang muda kurang mendapatkan didikan yang baik dari lingkungannya maka akan membuka peluang yang besar terhadap terjadinya penyimpangan-penyimpangan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Ada begitu banyak masyarakat yang juga kehilangan rasa sayangnya akibat tekanan hidup yang semakin menghimpit. Di tengah tekanan kehidupan ekonomi masyarakat yang semakin berat seringkali membuat manusia tidak mampu mengendalikan diri yang menjadikan ada begitu banyak tindakan atau perilaku manusia yang bertentangan dengan hati nurani. Tindakan-tindakan kriminal yang dilakukan oleh manusia merupakan bukti nyata dari ketidakmampuan manusia dalam mengendalikan diri sehingga mereka kehilangan rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama. Hal ini tidak dapat dibiarkan terjadi secara terus-menerus sehingga kini sudah sangat banyak lembaga sosial dan rehabilitasi yang dibangun dengan tujuan “memperbaiki” sikap dan perilaku manusia baik perorangan maupun secara berkelompok. Segala upaya tersebut dilakukan dengan harapan dapat mewujudkan masyarakat yang mampu menghargaiorang lain serta mencintai sesamanya dengan tulus yang disertai dengan rasa kasih sayang. Apabila semua tujuan itu dapat terwujud maka kehidupan manusia yang penuh dengan kemajuan teknologi dan informasi akan dapat dikendalikan dengan baik sehingga mampu menekan angka kriminalitas dan segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan hukum.

May 17, 2010 - Posted by | Tugas

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: