Dhani Rahadi ngeblog..!!

Just for fun and share…!!

PERMASALAHAN DALAM BERORGANISASI

Di dalam suatu organisasi pada berbagai bidang keahlian sering kali selalu disertai dengan masalah-masalah yang membuat para anggota organisasi merasa malas bahkan tertekan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di dalam organiasi tersebut. Hal ini membuat sebuah organisasi menjadi tidak solid dan memungkinkan organisasi tersebut untuk terpecah belah.

Kebanyakan konflik yang terjadi dalam kehidupan organisasi terjadi di dalam hubungan antar anggota organisasi. Akan tetapi kita harus bisa menyadari bahwa tidak semua permasalahan yang timbul merupakan masalah yang besar. Sehingga apabila kita mampu mengambil keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut maka akan menjadi sebuah keuntungan bagi organisasi sebagai kemampuan untuk bersatu.

Konflik merupakan ketidak setujuan antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena mereka harus menggunakan sumber daya yang langka secara bersama-sama atau menjalankan kegiatan bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda.

Permasalahan / konflik yang terjadi dalam seuatu organisasi merupakan hal yang lazim terjadi. Mulai dari konflik sederhana bahkan sampai konflik yang terkadang menimbulkan tindakan-tindakan anarkis. Namun konflik yang terjadi selama ini cenderung disebabkan oleh hubungan jabatan seperti antar sesame karyawan atau antara karyawan dengan atasan. Banyak konflik antara atasan dan bawahan yang begitu rumit karena sebagian besar karyawan enggan mengungkapkan uneg-uneg ¬¬nya terhadap atasannya sehingga seringkali menghambat produktivitas karyawan yang bersangkutan dalam berkarir maupun dalam berprestasi di bidang pekerjaannya.

Hal-hal yang menyebabkan terjadinya konflik antara lain adalah :

1. terjadinya kesalahpahaman / miscommunication,

2. tidak tercapainya tujuan / target suatu pekerjaan tertentu,

3. ketidaknyamanan lingkungan pekerjaan,

4. perpecahan antar golongan di lingkungan karyawan,

5. sikap iri hati dari satu atau lebih karyawan,

6. kurangnya penghargaaan dari atasan kepada bawahannya, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas, solusi yang paling mudah dan murah antara lain adalah dengan mengadakan kegiatan sharing (berbagi) mirip dengan kegiatan briefing yang di dalamnya terdapa sesi saling mengutarakan pendapat atau bahkan uneg-uneg para karyawan maupun para pejabat dalam sebuah organisasi. Tentunya dengan selalu memperhatikan etika penyampaian pendapat dan selalu menjaga perasaan orang lain. Walaupun hal ini seolah mudah untuk dilakukan namun patut dicoba oleh para pimpinan organisasi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Metode sharing ini sudah digunakan oleh sebagian organisasi-organisasi social. Dan tidak ada salahnya untuk mencobanya di dalam bidang-bidang keahlian yang lain.

December 29, 2010 - Posted by | Tugas

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: